Harga : Rp. 50.000
Isi : Bab 1 - Bab 5
Source Code : tidak ada (jika kami yang buatkan berbasis web biaya Rp. 1.850.000)
Isi : Bab 1 - Bab 5
Source Code : tidak ada (jika kami yang buatkan berbasis web biaya Rp. 1.850.000)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Berkembangnya usaha-usaha perdagangan yang sangat pesat pada saat
ini menjadikan informasi sebagai hal yang sangat penting peranannya dalam
menunjang jalannya operasi-operasi demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh
perusahaan.
Teknologi internet sudah terbukti merupakan salah satu
media informasi yang efektif dan efisien dalam penyebaran informasi yang dapat
diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Teknologi internet
mempunyai efek yang sangat besar pada perdagangan atau bisnis. Hanya dari rumah
atau ruang kantor, calon pembeli dapat melihat produk-produk pada layar
komputer, mengakses informasinya, memesan dan membayar dengan pilihan yang
tersedia. Calon pembeli dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu
datang ke toko atau tempat transaksi sehingga dari tempat duduk mereka dapat
mengambil keputusan dengan cepat. Transaksi secara online dapat
menghubungkan antara penjual dan calon pembeli secara langsung tanpa dibatasi
oleh suatu ruang dan waktu.
Itu berarti transaksi penjualan secara online
mempunyai calon pembeli yang potensial dari seluruh dunia.
Sistem penjualan yang selama ini digunakan oleh PT. Restu Mahkota Karya adalah dengan cara kerjasama dengan dealer-dealer
mobil untuk memasarkan mobil. Sistem penjualan dengan cara ini membutuhkan
waktu yang lama dalam proses penjualan mobil tersebut maka sistem ini dinilai
kurang efektif dan efesien. Jika hanya mengandalkan sistem
penjualan dengan cara tersebut maka pendapatan perusahaan tidak mengalami
peningkatan yang signifikan. Selain itu perkembangan perusahaan terasa dinilai
agak lambat. Oleh karena itu dirancang suatu sistem penjualan secara online
dengan menggunakan media web atau internet dengan tujuan untuk
meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan dapat meningkatkan volume
penjualan sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat.
B. Identifikasi Masalah
Adapun permasalahan yang muncul pada
PT. Restu Mahkota Karya pada saat ini adalah:
1.
Sistem penjualan mobil yang
digunakan selama ini dengan cara bekerja sama dengan dealer-dealer mobil
membutuhkan waktu yang lama dalam memasarkan mobil tersebut sehingga dinilai
kurang efektif dan efesien.
2.
Sering kali salah satu cabang
perusahaan dikota lain tidak ada penjualan sama sekali, sedangkan biaya operasional
perusahaan terus meningkat dan tidak seimbang dengan pendapatan perusahaan.
3.
Lambatnya perkembangan perusahaan
karena kurangnya promosi perusahaan kepada masyarakat sehingga tidak semua
kalangan masyarakat mengenal perusahaan ini.
C. Batasan Masalah
Dalam penulisan skripsi ini, penulis membatasi permasalahan pada
sistem penjualan secara kredit baik dari kantor pusat hingga ke cabang dengan berbasis
web atau online, dengan data input berupa data pembeli, data mobil dan data
simulasi kredit kemudian proses pembelian mobil dan data keluaran berupa
laporan penjualan kendaraan, laporan daftar customer, laporan uang muka,
laporan angsuran, dan laporan asuransi.
D. Maksud dan Tujuan
Penelitian
Adapun maksud dan tujuan penulisan skripsi ini antara
lain:
1.
Untuk menghasilkan suatu sistem
penjualan yang menggunakan media web
atau internet yang dapat membantu
divisi marketing atau pemasaran dalam memasarkan mobil sehingga
transaksi penjualan dapat dilakukan dengan cepat dimana saja dan kapan saja
oleh semua kalangan masyarakat.
2.
Untuk menghasilkan suatu sistem
yang memberikan informasi tentang mobil yang dipasarkan kepada calon pembeli
sehingga mempermudah calon pembeli mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
3.
Untuk mempromosikan atau lebih
memperkenalkan perusahaan kepada semua
kalangan masyarakat sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dengan tujuan
dapat meningkatkan penjualan.
4.
Untuk memenuhi salah satu syarat
kelulusan Strata Satu di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
Jayakarta jurusan Teknik Informatika.
E. Metodologi Penelitian
Setiap mengadakan pembahasan maka tidak terlepas dari berbagai
masalah yang perlu dihadapi dan harus dipecahkan. Agar lebih praktis digunakan
metode ilmiah sehingga dapat diperoleh jalan keluar yang baik, efektif serta mudah
dilaksanakan. Dalam penulisan laporan Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web
pada PT. Restu Mahkota Karya ini metode yang digunakan adalah:
1.
Riset Lapangan
Riset lapangan dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara
langsung dari Perusahaan dan juga dunia internet. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah:
a.
Pengamatan, yaitu pengumpulan data
dan informasi yang dilakukan dengan cara mengamati langsung ke objek dan juga
menganalisa sistem yang sedang berjalan, serta mengamati langsung sistem
transaksi online yang sudah ada di internet.
b.
Wawancara, yaitu pengumpulan data
dengan cara melakukan tanya jawab dengan pihak-pihak terkait.
2.
Studi Pustaka
Data diperoleh melalui buku-buku literatur yang berhubungan
dengan masalah yang akan diteliti sebagai bahan referensi bagi penulis.
F. Sistematika Penulisan
Gambaran secara garis besar mengenai hal-hal yang akan dibahas dalam
laporan skripsi ini terdiri dari lima
bab yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan mengenai latar belakang
masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian,
metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini berisi tentang landasan teori yang menunjang
didalam penulisan skripsi ini antara lain mengenai sistem informasi itu sendiri, DAD (Diagram
Alur Data) dan ERD (Entity Relationship Diagram), Kamus Data, Normalisasi,
Penjualan, World Wide Web dan Web Database serta sekilas tentang PHP dan MySQL.
BAB III ANALISA
SISTEM
Dalam bab ini dibahas tentang Latar Belakang Perusahaan,
Struktur Organisasi, Uraian Tugas dan Tanggung Jawab, Prosedur Sistem Berjalan,
Diagram Alur Data (DAD) Sistem Berjalan, Analisa Masukan, Analisa Keluaran,
Analisa Permasalahan, Usulan Pemecahan Masalah.
BAB IV PERANCANGAN
DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Pada bab ini diterangkan tentang Rancangan Diagram
Alur Data Usulan dan Entity Relationship Diagram (ERD) Usulan, Normalisasi,
Kamus Data, Rancangan Basis Data, Penjelasan Kode, Rancangan Bagan Terstuktur,
Spesifikasi Modul, Rancangan Menu, Rancangan Input dan Rancangan Output,
Implementasi Menu, Implementasi Input dan Implementasi Output.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran-saran yang
sebaiknya dilakukan oleh perusahaan untuk menunjang keberhasilan sistem
penjualan online.
Categories: Aplikasi Berbasis Web
0 komentar:
Posting Komentar