Jumat, 11 April 2014

Bagi yang butuh skripsi diatas buat referensi skripsi silahkan hubungi kami.
Harga : Rp. 150.000
Isi : proposal, BAB I - BAB V  dan DAFTAR PUSTAKA
Aplikasi : source code dengan pemrogrman Visual Basic 6.0


PENERAPAN POHON PELACAKAN DALAM MENCARI LINTASAN YANG DAPAT DILALUI OLEH SEEKOR SEMUT PADA BIDANG KARTESIAN

1.1       Latar Belakang Pemilihan Judul
Pohon pelacakan adalah suatu pohon yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan persoalan pada bidang ilmu Artificial Intelligence (AI), dimana akar dari pohon berupa keadaan awal dari permasalahan dan cabang (dahan) berupa keadaan-keadaan yang mungkin terjadi dari keadaan sebelumnya serta daun merupakan keadaan akhir dari permasalahan tersebut. Keadaan-keadaan akhir tersebut dapat merupakan solusi dari permasalahan ataupun mungkin saja tidak ada yang dapat dijadikan solusi dari permasalahan.
Salah satu contoh persoalan AI yang memerlukan penerapan pohon pelacakan adalah dalam mencari lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian. Persoalan ini dapat didekripsikan sebagai berikut, diketahui seekor semut akan bergerak dari titik pusat (0,0) ke titik A(m,n). Semut tersebut hanya boleh membelok pada titik-titik grid dan selalu melangkah sejajar dengan sumbu-x atau sumbu-y. Semut tersebut tidak boleh melintasi lintasan yang telah pernah dilaluinya dan tidak boleh melintasi titik yang telah pernah dilaluinya. Setelah itu, disediakan sederetan ketentuan yang membatasi pergerakan semut tersebut. Pertanyaannya adalah bagaimana bentuk lintasan-lintasan yang dapat dilalui oleh semut tersebut dengan menggunakan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan di atas.
Penulis merasa bahwa persoalan ini sangat menantang dan sangat menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu, penulis mengambil tugas akhir dengan judul “Penerapan Pohon Pelacakan dalam Mencari Lintasan yang Dapat Dilalui oleh Seekor Semut pada Bidang Kartesian”.

1.2       Perumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah penerapan pohon pelacakan dalam menyelesaikan persoalan pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian.

1.3       Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang dapat menyelesaikan persoalan pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian.
Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini, yaitu :
1.      Untuk membantu pemahaman mata kuliah Artificial Intelligence, terutama mengenai penerapan pohon pelacakan.
2.      Perangkat lunak dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar.
1.4       Pembatasan Masalah
Ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini dibatasi seperti berikut ini :
  1. Besar koordinat Kartesian dibatasi minimal – 20 dan maksimal + 20 baik untuk sumbu x maupun sumbu y.
  2. Ketentuan yang dapat ditetapkan yaitu dapat bergerak secara horizontal dan vertikal (tidak secara diagonal) serta dengan menggunakan kombinasi fungsi logika OR atau AND.
  3. Besar nilai m dan n harus berada dalam batasan besar koordinat Kartesian.
  4. Perangkat lunak akan menampilkan semua langkah – langkah penyelesaian yang mungkin.
  5. Jika tidak terdapat solusi, maka perangkat lunak akan menampilkan pesan kesalahan (error message).

1.5       Metodologi Penyelesaian
            Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
  1. Membaca dan mempelajari buku – buku yang berhubungan dengan Artificial Intelligence (AI).
  2. Mempelajari mengenai penerapan pohon pelacakan untuk menyelesaikan persoalan pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian.
  3. Merancang suatu perangkat lunak penerapan pohon pelacakan untuk menyelesaikan persoalan pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
  4. Menguji perangkat lunak dan memperbaiki kesalahan (error) yang muncul.

1.6       Referensi
  1. Setiawan Sandi, Artificial Intelegencia, Andi Offset Yogyakarta, 1993.
  2. Sri Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Penerbit Graha Ilmu, Yokyakarta, 2003.
  3. Djoko Pramono, Mudah menguasai Visual Basic 6, PT. Elex Media Komputindo, 2002.

0 komentar:

Posting Komentar