Jumat, 11 April 2014

Harga : Rp. 50.000
Isi : Bab I - Bab 5
Source code tidak ada (jika kami yang membuatkan aplikasinya Rp. 2.000.000)


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.  Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komputer yang sangat pesat akhir-akhir ini, mendapat sambutan positif di masyarakat. Berbagai layanan masyarakat sudah mengimplementasikan ICT (Information and Communication Technology). Dalam dunia bisnis di kenal dengan istilah e-business atau e-commerce, di dunia pemerintahan dikenal dengan istilah e-government dan bagi dunia pendidikan dikenal dengan istilah e-learning.
Berkaitan dengan implementasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, terutama pemanfaat e-learning sebagai media alternative pembelajaran, sekolah perlu melakukan analisis kebutuhan, penyiapan kebutuhan yang diperlukan, perancangan model pembelajaran serta pengembangannya.
Lahirnya sistem pembelajaran jarak jauh berbasis Web (web Distance Learning) menjadi awal berkembangnya teknologi informasi di bidang pendidikan. Web-based learning termasuk salah satu metode dan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Pada Web-Based learning, penyampaian dan akses materi pengajaran dilakukan melalui media elektronik menggunakan Web sever untuk menyampaikan materi, Web browser untuk mengakses materi pelajaran, dan TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol) dan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) sebagai protocol untuk melakukan komunikasi.
Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web ini mengacu pada penggunaan media Teknologi internet untuk mendapatkan cara yang lebih luas dalam mempertinggi kualitas pengetahuan dan performansinya. Perkembangan komputer dan media komunikasi elektronis telah menghapus batasan ruang dan waktu. Sehingga para pelajar dapat memperoleh pengetahuan kapanpun dan dimanapun.
1
 
Dalam dunia komputer ada disebut dengan Programmer, untuk mempelajari programer tersebut dibutuhkan pembelajaran yang ekstra khusus. Hal ini memacu penulis untuk membuat sistem pembelajaran dengan menggunakan Web Base learning, sehingga penulis mengangkat Judul Skripsi yaitu “Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Metode Web Based Learning”.
           
1.2.  Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang dibahas penulis dalam penyusunan skripsi ini yaitu bagaimana cara merancang suatu Website Pembelajaran yang berbasis Multimedia dengan Metode Web Based Learning, sehingga dapat membantu dan mempermudah sistem belajar dan dapat digunakan oleh kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.
Aplikasi ini akan sangat membantu para mahasiswa maupun orang awan dalam mengetahui ilmu pemrograman. Aplikasi ini akan memberikan hasil yang baik sebagai suatu pembelajaran yang efektif.

1.3.  Batasan Masalah
Lingkup objek aplikasi ini adalah berupa web yang berbasis multimedia web base learning, artinya aplikasi ini hanya untuk digunakan sebagai alat bantu belajar. Dalam pelaksanaan perancangan perangkat lunak pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
  1. Sistem yang dikembangkan hanya merupakan alat bantu pembelajaran Visual Basic yang dapat digunakan berbagai kalangan.
  2. Sistem yang dikembangkan adalah Website berbasis Multimedia dengan menggunakan metode Web Based Learning
  3. Perangkat lunak implementasi yang dicoba untuk dikembangkan dalam pembelajaran ini adalah model pembelajaran yang berbasis web learning.

1.4.   Tujuan dan Manfaat
Adapun Tujuan Penulisa dalam penyusunan Skripsi ini adalah:
Membuat website yang berisi sebagai media pembelajaran pemrograman visual basic sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif dan dapat digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat umum. Dengan sistem yang seperti itu diharapkan bisa memberikan tambahan baru dalam proses belajar.
Manfaat dari sistem yang dikembangkan ini adalah :
a.       Dengan sistem yang seperti itu maka dapat memberikan tambahan baru dalam proses belajar
b.      Memberikan panduan bagi guru, dosen, pimpinan universitas, fakultas dan program studi serta unit yang terkait agar mutu penyelenggaraan metode pembelajaran learning lebih efektif
c.       Siswa, mahasiswa maupun masyarakat umum dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dimana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan dikomputer.

1.5.  Metode Penelitian
Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis disini adalah sebagai berikut:
a.       Mengutip bahan dari Buku
b.      Browsing melalui internet dengan mencari kutipan dari artikel-artikel dan alamat website
c.       Wawancara atau berkonsultasi dengan Dosen dan juga dengan hasil pemikiran dari penulis.
Dengan metode penelitian tersebut, penulisan skripsi ini dapat ditulis dan diracang lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

1.6.   Sistematika Penulisan
BAB   I       : PENDAHULUAN
Pada bab ini akan dibahas tentang Latar Belakang skripsi, Rumusan Masalah, Tujuan, Batasan Masalah dan Sistematika Penulisan sebagai acuan awal.
 BAB   II      : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan diuraikan teori tentang objek-objek yang diteliti yaitu tentang Web based Learning serta metode yang akan diperlukan dalam pembuatan web pembelajaran.

 BAB   III    : ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab ini diuraikan tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan, diagram arus data dan struktur file basis data yang digunakan, bagan alir sistem, perancangan bentuk tampilan masukan dan keluaran sebagai acuan dalam pembutan Web based Learning.
 BAB   IV     : IMPLEMENTASI
Pada bab ini diuraikan tentang bentuk tampilan masukan dan keluaran, spesifikasi program, algoritma pembuatan program dan contoh prosedur yang digunakan..
 BAB   V      : KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini akan ditulis  berbagai kesimpulan yang telah dibuat oleh penulis skripsi serta saran-saran tentang hal baru untuk mengembangkan karya ilmiah yang selanjutnya..




Categories:

0 komentar:

Posting Komentar