Harga : Rp. 50.000
Isi : Bab I - Bab 5
Source code tidak ada (jika kami yang membuatkan aplikasinya Rp. 2.000.000)
Dalam dunia komputer ada disebut dengan Programmer,
untuk mempelajari programer tersebut dibutuhkan pembelajaran yang ekstra
khusus. Hal ini memacu penulis untuk membuat sistem pembelajaran dengan
menggunakan Web Base learning, sehingga penulis mengangkat Judul Skripsi
yaitu “Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan
Menggunakan Metode Web Based Learning”.
Isi : Bab I - Bab 5
Source code tidak ada (jika kami yang membuatkan aplikasinya Rp. 2.000.000)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi informasi dan komputer yang sangat pesat akhir-akhir ini, mendapat
sambutan positif di masyarakat. Berbagai layanan masyarakat sudah
mengimplementasikan ICT (Information and Communication Technology). Dalam
dunia bisnis di kenal dengan istilah e-business atau e-commerce,
di dunia pemerintahan dikenal dengan istilah e-government dan bagi
dunia pendidikan dikenal dengan istilah e-learning.
Berkaitan
dengan implementasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi,
terutama pemanfaat e-learning sebagai media alternative
pembelajaran, sekolah perlu melakukan analisis kebutuhan, penyiapan kebutuhan
yang diperlukan, perancangan model pembelajaran serta pengembangannya.
Lahirnya
sistem pembelajaran jarak jauh berbasis Web (web Distance Learning)
menjadi awal berkembangnya teknologi informasi di bidang pendidikan. Web-based
learning termasuk salah satu metode dan teknologi yang digunakan
dalam pembelajaran jarak jauh. Pada Web-Based learning, penyampaian dan
akses materi pengajaran dilakukan melalui media elektronik menggunakan Web
sever untuk menyampaikan materi, Web browser untuk mengakses
materi pelajaran, dan TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet
Protocol) dan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) sebagai protocol
untuk melakukan komunikasi.
Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web ini
mengacu pada penggunaan media Teknologi internet untuk mendapatkan cara yang
lebih luas dalam mempertinggi kualitas pengetahuan dan performansinya.
Perkembangan komputer dan media komunikasi elektronis telah menghapus batasan
ruang dan waktu. Sehingga para pelajar dapat memperoleh pengetahuan kapanpun
dan dimanapun.
|
1.2.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang dibahas penulis dalam penyusunan
skripsi ini yaitu bagaimana cara merancang suatu Website Pembelajaran
yang berbasis Multimedia dengan Metode Web Based Learning,
sehingga dapat membantu dan mempermudah sistem belajar dan dapat digunakan oleh
kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.
Aplikasi ini akan sangat membantu para mahasiswa maupun
orang awan dalam mengetahui ilmu pemrograman. Aplikasi ini akan memberikan
hasil yang baik sebagai suatu pembelajaran yang efektif.
1.3.
Batasan Masalah
Lingkup objek aplikasi ini adalah berupa web yang
berbasis multimedia web base learning, artinya aplikasi ini hanya untuk
digunakan sebagai alat bantu belajar. Dalam pelaksanaan perancangan perangkat
lunak pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
- Sistem yang dikembangkan hanya merupakan alat bantu pembelajaran Visual Basic yang dapat digunakan berbagai kalangan.
- Sistem yang dikembangkan adalah Website berbasis Multimedia dengan menggunakan metode Web Based Learning
- Perangkat lunak implementasi yang dicoba untuk dikembangkan dalam pembelajaran ini adalah model pembelajaran yang berbasis web learning.
1.4.
Tujuan dan Manfaat
Adapun Tujuan Penulisa dalam penyusunan Skripsi ini
adalah:
Membuat website yang berisi sebagai media
pembelajaran pemrograman visual basic sehingga dapat digunakan sebagai
alat bantu pembelajaran yang efektif dan dapat digunakan oleh mahasiswa dan
masyarakat umum. Dengan sistem yang seperti itu diharapkan bisa memberikan
tambahan baru dalam proses belajar.
Manfaat dari sistem yang dikembangkan ini adalah :
a.
Dengan sistem yang seperti itu
maka dapat memberikan tambahan baru dalam proses belajar
b.
Memberikan panduan bagi guru,
dosen, pimpinan universitas, fakultas dan program studi serta unit yang terkait
agar mutu penyelenggaraan metode pembelajaran learning lebih efektif
c.
Siswa, mahasiswa maupun
masyarakat umum dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dimana saja
kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan dikomputer.
1.5.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis disini
adalah sebagai berikut:
a.
Mengutip bahan dari Buku
b.
Browsing melalui internet
dengan mencari kutipan dari artikel-artikel dan alamat website
c.
Wawancara atau berkonsultasi
dengan Dosen dan juga dengan hasil pemikiran dari penulis.
Dengan metode penelitian tersebut, penulisan skripsi ini
dapat ditulis dan diracang lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.
1.6.
Sistematika Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini akan dibahas tentang Latar
Belakang skripsi, Rumusan Masalah, Tujuan, Batasan Masalah dan Sistematika
Penulisan sebagai acuan awal.
BAB II :
LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan diuraikan teori
tentang objek-objek yang diteliti yaitu tentang Web based Learning serta
metode yang akan diperlukan dalam pembuatan web pembelajaran.
BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab ini diuraikan tentang perangkat keras dan
perangkat lunak yang digunakan, diagram arus data dan struktur file basis data
yang digunakan, bagan alir sistem, perancangan bentuk tampilan masukan dan
keluaran sebagai acuan dalam pembutan Web based Learning.
BAB IV : IMPLEMENTASI
Pada bab ini diuraikan tentang bentuk tampilan masukan
dan keluaran, spesifikasi program, algoritma pembuatan program dan contoh
prosedur yang digunakan..
BAB V :
KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini akan ditulis berbagai kesimpulan yang telah dibuat oleh
penulis skripsi serta saran-saran tentang hal baru untuk mengembangkan karya
ilmiah yang selanjutnya..
Categories: Aplikasi Berbasis Web
0 komentar:
Posting Komentar