Senin, 14 April 2014

Buat referensi skripsi, Harga : Rp. 50.000, lengkap dari mulai abstrak samapai Bab 6, source code bs dibuatkan yg web based  harga berbeda.

BAB I

PENDAHULUAN


1.1         Latar Belakang Masalah

Kecepatan dalam proses  dokumentasi sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan, apalagi segala sesuatu yang harus ditangani dengan cepat. Khususnya dalam bidang komunikasi dan informasi. Arus informasinya pun terjadi dalam 3 arah, yaitu untuk melakukan instruksi, memberi laporan dan memberi saran. Dokumentasi akan diperlukan untuk memonitor kinerja peralatan, sistem dan sumber daya manusia. Sehingga dokumentasi sangat diperlukan untuk menghilangkan ketergantungan yang kritis.
Dokumentasi dari beberapa organisasi antara lain:
1)       Menurut keperluan perpustakaan khusus, dokumentasi adalah kepustakaan informasi dan bibliografi yang disesuaikan dengan keperluan perpustakaan khusus.
2)       Menurut mikro reproduksi, dokumentasi adalah reproduksi dokumen dalam bentuk lebih kecil (mikro reproduksi) khususnya dalam bentuk microfilm.
3)       Menurut hasil seminar dokumentasi, dokumentasi adalah suatu aktivitas bagi suatu badan yang melayani badan tadi dengan menyajikan hasil pengolahan bahan-bahan dokumentasi yang bermanfaat bagi badan yang mengadakan dokumentasi ( Seminar kementrian pada tanggal 28Februari s/d Maret 1957).
4)       Menurut FID (Federation Internasional Documentation) dokumentasi adalah pekerjaan pengumpulan, penyusunan, dan penyebarluasan dokumen dari segala macam jenis lapangan aktivitas manusia.
5)       Menurut NIDER ( Nederlanse Institutvoor Docomentatie Registratur), dokumentasi adalah member keterangan-keterangan yang didasarkan pada bahan-bahan yang ada diperpustakaan dan pemberitahuan tentang literature.
Dokumentasi adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan photo, dan penyimpanan photo. Pengumpulan, pengolahan, dan penyimpanan informasi dalam bidang pengetahuan.kumpulan bahan atau dokumen yang dapat digunakan sebagai asas bagi sesuatu kejadian, penghasilan sesuatu terbitan. Arsip kliping surat, photo-photo dan bahan referensinya yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk melengkapi berita atau karangan dalam pers. penyimpanan bahan-bahan desktipsi tertulis dari program komputer. Ruang lingkup kerja yang meliputi pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi (Lidiarum, 2010).
Sebagai perusahaan yang sudah mempunyai banyak anak perusahaan, PT. Central Korporindo Internasional, Tbk. sangat memperhatikan informasi dalam pendokumenan tiap tahunnya. Hal ini terlihat sebanyak data-data yang masuk di tiap pergantiannya. Akta dan legalitas yang terdapat pada dokumen pun selalu menjadi pantauan setiap 5 tahun sekali. Tidak menutup kemungkinan pengumpulan dokumen-dokumen yang dari tiap tahunnya telah di dokumentasikan akan mengalami hambatan yang akan mempersulit proses pendataan dan pembaruan file.
Beberapa perusahaan yang mempunyai lebih banyak pendataan tentunya juga akan melakukan pemantauan untuk penyimpanan data dalam waktu yang berksinambungan. Hal tersebut akan lebih mudah merapikan dokumentasi dalam surat-surat yang terkait dalam perusahaan tersebut. Dengan adanya pendokumentasian akta maka legalitas pun harus dikaitkan. Legalitas adalah suatu pengesahan secara hukum terhadap suatu usaha yang telah diatur sesuai hukum yang berlaku.
Untuk itu, dalam pendataan pendokumentasian diperlukan kemudahan pemasukan dan pengambilan data lama maupun baru. Baik tentang akta maupun legalitas dokumen. Sehingga tidak memakan waktu lama dan mudah dalam proses pencarian.


1.2         Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah proses pendokumentasian pada data entry akta notaris dan legalitas yang mencakup legalisasi didalamnya, yaitu mengetahui proses dalam pemasukan data yang user friendly, yang mudah dalam pembaruan data dokumen, yang lebih efisien, hemat waktu, dan mudah dalam laporan tahunan.


1.3         Batasan Masalah

Dalam penelitian ini penulis hanya membatasi pada masalah penginputan data dokumentasi akta-akta notaris serta legalitas yang sudah diperbarui di dalam pendokumentasian atau filing yang harus up to date tiap jangka waktu tahunnya pada PT. Central Korporindo Internasional, Tbk di Banjarmasin. Yang apabila diminta laporannya dapat membuat langsung laporan tersebut tanpa memerlukan waktu yang lama.


1.4         Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang masalah di atas, dapat disimpulkan rumusan masalah dari penelitian ini yaitu :

Bagaimana proses dalam pemasukan data yang user friendly, yang mudah dalam pembaruan data dokumen, yang lebih efisien, hemat waktu, dan mudah dalam laporan tahunan.



1.5         Metodelogi Penelitian

1.5.1   Metode Penelitian Yang Digunakan

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yaitu mendeskripsikan dan membangun suatu situasi atau keadaan terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang  mempengaruhi dokumentasi atau pengarsipan pada PT. Central Korporindo Internasional, Tbk, Banjarmasin.

1.5.2   Teknik Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini metodelogi yang digunakan melalui wawancara dan survey. Dimana semua data yang diperoleh penulis terjun langsung ke bagian divisi yang informasinya dapat dilihat langsung.

                   1.5.2.a   Observasi

                   1.5.2.b   Wawancara

Penulis melakukan tanya jawab langsung kepada pimpinan divisi yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi tentang sistem yang sedang berjalan pada PT. Central Korporindo Internasional, Tbk.

                   1.5.2.c   Studi Dokumentasi

Menganalisis dokumen-dokumen yang dipakai pada sistem yang sedang berjalan seperti mengumpulkan format-format data masuk, data keluar, data laporan, serta data lainnya yang dianggap perlu sebagai dasar untuk merancang yang lebih baik.

1.5.3   Perancangan Penelitian

                   1.5.3.a   Penentuan Masalah

1.             Bagaimana agar fleksibel dalam pencatatan arsip / dokumentasi yang masih kurang efisien dan memakan waktu.
2.             Bagaimana agar aplikasi ini dapat mencatat data masuk, keluar dan perubahan data dengan akurat.
3.             Bagaimana agar aplikasi ini dapat memberikan informasi yang dapat menampilkan isi dari semua dokumentasi tertentu secara lengkap.

1.5.3.b   Pendekatan Problem Solving

Membuat aplikasi dokumentasi akta dan legalitas pada PT. Central Korporindo Internasional, Tbk menggunakan Microsoft dan Database Manajemen Sistem yang dengan Microsoft Access dan dibangun dengan Visual Basic 6.0.

1.5.3.c   Penerapan

Aplikasi ini diterapkan pada perusahaan PT. Central Korporindo Internasional, Tbk. Banjarmasin.

1.5.3.d   Hasil Penelitian

a.             Pencatatan data dokumen dapat dilakukan secara komputerisasi dengan aplikasi akta dan legalitas.
b.             Aplikasi ini dapat mencatat data masuk, pengeditan, dan pencatatan laporan.
c.             Aplikasi ini dapat memberikan informasi dalam pengarsipan dan pengumpulan data yang dikumpulkan dalam setiap 5 tahun sekali.

1.5.4   Kerangka Penelitian

Membuat aplikasi dokumentasi Akta dan legalitas pada PT. Central Korporindo, Tbk menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.

1.        Pencatatan arsip / dokumentasi masih kurang efisien dan memakan waktu.
2.        Bagaimana agar aplikasi ini dapat mencatat data masuk, keluar dan perubahan data dengan akurat.
3.        Bagaimana agar aplikasi ini dapat memberikan informasi yang dapat menampilkan isi dari semua dokumentasi tertentu secara lengkap.

Pendekatan Problem Solving
Penentuan Masalah
Mempermudah proses pendokumentasian pada data entry akta notaris dan legalitas yang mencakup legalisasi didalamnya
Aplikasi ini diterapkan pada PT. Central Korporindo, Tbk. Banjarmasin.

a.       Pencatatan data dokumen dapat dilakukan secara komputerisasi dengan aplikasi akta dan legalitas.
b.      Aplikasi ini dapat mencatat data masuk, pengeditan, dan pencatatan laporan.
c.       Aplikasi ini dapat memberikan informasi dalam pengarsipan dan pengumpulan data yang dikumpulkan dalam setiap 5 tahun sekali.

Hasil
Penerapan
Implementasi
 





















1.6         Sistematika Penulisan

Penyusunan Tugas Akhir ini di bagi menjadi lima bab, dan masing-masing bab dibagi menjadi beberapa subbab. Secara garis besar dapat diuraikan sebagai berikut :

Bab I Pendahuluan
Pada bab ini berisi tentang latar belakang masalah, tujuan penelitian, batasan masalah, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II Dasar Teori
Pada bab ini menguraikan tentang landasan teori dan masalah yang diambil yaitu : menjelaskan tentang aplikasi, Microsoft Visual Basic, Entity Relationship Diagram (ERD), Data Flow Diagram (DFD), Diagram Konteks dan Diagram Level Nol, dan Database serta teori-teori yang menunjang Tugas Akhir.
Bab III Analisis
Berisi tentang pembahasan data atau informasi yang didapat dari tempat penelitian yakni PT. Central Korporindo Internasional, Tbk.
Bab IV Perancangan
Pada bab ini menyajikan proses flowmap, diagram konteks, DFD (Data Flow Diagram), perancangan data, perancangan arsitektural, perancangan prosedural dan perancangan antarmuka, membuat rancangan input/output.


Bab V Penutup
Berisi tentang pemaparan kesimpulan-kesimpulan yang berdasarkan analisis data dan pembahasan masalah yang telah dilakukan serta saran-saran yang ditujukan kepada pihak-pihak terkait dalam penulisan Tugas Akhir.
Harga : Rp. 50.000
Isi : dari Mulai Abstrak, Bab 1 - 6, Pengesahan, cover dan akta pengantar


BAB I
PENDAHULUAN


1.  LATAR BELAKANG
Dewasa ini teknologi informasi saat ini perkembangan sangat cepat.seiring dengan kemajuan teknologi tsb.informasi pada saat ini merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan suatu kegiatan pekerjaan baik di perusahaan ataupun individu sekalipun.sehingga berdampak pada aspek kelangsungan kehidupan manusia.
Teknologi informasi adalah sarana yang sangat menunjang bagi  berjalan nya perusahaan baik swasta atau instansi pemerintah.perusahaan berskala kecil,sedang bahkan berskala besar sekalipun,sehinggga dengan adanya  teknologi informasi ini di sangat di harapkan dapat mempermudah pekerjaan dengan tujuan akan tercapai nya hasil yang maksimal.hal ini perlu di lakukan agar dapat menyajikan informasi data lengkap dan dapat di akses secara cepat efisien dan akurasi yang tinggi.Untuk mencapai tujuan yang di inginkan opeh perusahaan tercapai,terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi di antaranya,Pengolahan data proyek,permaslahan yang terdapat dalam pengolahan data proyek adalah keterintegrasian data proyek yang ada.
Karena itu suatu perusahaan harus bisa memperbaiki system manajemen proyek berjalan yang sedianya di kerjakan secara (manual)dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu popular pada saat ini perusahahaan atau instansi yang memanfaatkan teknologi informasi ini untuk menjadikan teknologi ini salah satu solusi yang sangat menjanjikan dan menguntungkan bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Dalam hal ini PT.GALERI IDE arsitektur,interior & landscape, perusahaan konsultan yang di didirikan untuk jasa perencanaan di bidang property design & Build,dalam melaksanakan kegiatan usaha di bidang jasa konsultan ini tidak terlepas dari kebutuhan informasi dan pengolahan data yang tepat.dengan adanya teknologi informasi di harapkan dapat membantu pengolahan data proyek ataupun untuk perencanaan anggaran biaya,data pelanggan supaya data tersebut dapat terintegrasi dengan baik dan dapat di olah secara cepat dan tepat.
Pada saat ini system manajemen proyek yang sedang berjalan saat ini baik pengolahan data proyek,data pelanggan bahkan Perencanaan anggaran masih secara manual menggunakan aplikasi Microsoft Excel,dan data hanya tersimpan dalam folder-folder yang di arsipkan sehingga akan memepersulit dalam pencarian data tsb.
     Dalam hal ini pengentrian data secara manual menyebabkan kesalahan yang seharus nya tidak boleh terjadi,sampai saat ini sering terjadi terbentuknya duplikasi dan hilang data,serta keamanan yang tidak terjamin di karenakan tidak adanya batasan hak akses dari pengguna.karena itu PT.GALERI IDE arsitektur,interior & landscape mencari solusi untuk memecahkan persoalan tesebut dengan menggunakan teknologi informasi yang dapat memberikan nilai tambah atau keuntungan bagi perusahaan.
Berdasarakan paparan di atas penulis mengambil judul yang sesuai dengan kebutuhan dan pengolahan anggaran data proyek.penulis mengambil judul:
“Analisa Dan Implementasi Manajemen Perencanaan Di Konsultan Arsitektur, Interior Dan Landscape PT. GALERI IDE JAKARTA”

2.  RUMUSAN MASALAH
Masalah  yang ada di tempat penelitian saat ini adalah system yang perlu mendapatkan penataan baik dari pengolahan data proyek sehingga penulis dapat mengidentifikasi dari akar permaslahan untuk memperoleh solusi dari permasalahan yang terjadi.dan meminimalisir terjadinya crash data atau penggandaan

3.  BATASAN MASALAH             
Seperti yang telah dijelaskan pada latar belakang masalah, permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana memenuhi kebutuhan akan aplikasi komputer tentang pengolahan data proyek dan manajemen perencanaan proyek secara optimal, sehingga akan memudahkan pengolahan data dalam pekerjaan sesuai dengan yang dihararapkan dan untuk menghindari penyimpangan isi laporan, masalah yang dibahas pada sistem ini hanya akan dibatasi sebagai berikut:
1.      Pengolahan data proyek yang di olah hanya meliputi pembuatan surat permohononan pembuatan perencanaan design, proses perhitungan biaya jasa, proses pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB),proses pembuatan Surat perintah Kerja (SPK), proses surat persetujuan,proses pembuata data proyek dan progress proyek.
2.      Sistem informasi  ini membatasai tentang pembayaran tukang atau buruh di lapangan.
3.      Sistem informasi  ini tidak membahas jadwal proyek.
4.      Proses pembayaran pada system ini hanya dapat di lakukan dua kali pembayar yaitu pembayaran uang muka dan pembayaran setelah proyek berjalan atau selesai.

4.  PEMECAHAN MASALAH
Dengan  adanya system informasi yang di rencanakan ini di harapkan akan mengatasi segala persoalan yang selama ini masih diproses secara manual,dapat dapat di olah dengan komputerisasi sehingga pengguna dapat memeperoleh hasil yang terbaik dan data tersimpan dengan aman.

5.  TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelelitian untuk membuat  implementasi system manajemen perencanaan di PT.Galeri ide dengan memasukan system informasi yang akan memghasikan sebuah proses yang cepat tepat dan akurat.

6.  MANFAAT PENELITIAN
Manfaat dari penelitian di harapkan menjadi langkah pertama untuk membangun system implementasi manajemen perusahaan yang dapt di aplikasikan,dan program aplikasi yang di buat di harapkan menjadi bahan penelitian lebih lanjut di bidang yang berkaitan.
Dengan penyesuaian tertentu,metode yang di gunakan mungkin juga dapat di gunakan untuk manajemen proyek lain nya seperti manajemen progress sebuah pembangunan building atau perncanaan manajemen bulding sendiri.
Dari penelitian juga di harapkan dapat memahami manajemen yang lebih
Baik terhadap kemajuan dan kelancaran proses pengolahan data secara teratur dan system ini dapat membuat hasil yang maksimal.

7
. METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang akan di gunakan dalm penelitian ini meliputi langkah-lagkah sebagai berikut:
  1. Melakukan study kasus  dari satu proyek yang ada mulai dari awal proses permintaaan sebuah perencanaan yang di minta oleh owner.
  2. Melakukan peneltian tahapan tahapan perencanaan pengolahan data proyek.
  3. Melakukan pengujian terhadap rencana anggaran biaya untuk pembangunan proyek.

8.  JADWAL PENELITIAN

No.

Kegiatan

Bulan / tahun

Okt
11
Nov
11
Des
11
Jan
12
Peb
12
Mar
12
1
Observasi






2
Analisis Sistem Berjalan






3
Perancangan Sistem






4
Pembuatan Sistem/Program






5
Pengujian Sistem






6
Pemeliharaan