Buat referensi skripsi, Harga : Rp. 50.000, lengkap dari mulai abstrak
samapai Bab 6, source code bs dibuatkan yg web based harga berbeda.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kecepatan dalam proses dokumentasi sangat dibutuhkan dalam suatu
perusahaan, apalagi segala sesuatu yang harus ditangani dengan cepat. Khususnya
dalam bidang komunikasi dan informasi. Arus informasinya pun terjadi dalam 3
arah, yaitu untuk melakukan instruksi, memberi laporan dan memberi saran. Dokumentasi akan diperlukan untuk
memonitor kinerja peralatan, sistem
dan sumber daya manusia. Sehingga dokumentasi sangat diperlukan untuk
menghilangkan ketergantungan yang kritis.
Dokumentasi
dari beberapa organisasi antara lain:
1) Menurut
keperluan perpustakaan khusus, dokumentasi adalah kepustakaan informasi dan
bibliografi yang disesuaikan dengan keperluan perpustakaan khusus.
2) Menurut
mikro reproduksi, dokumentasi adalah reproduksi dokumen dalam bentuk lebih
kecil (mikro reproduksi) khususnya dalam bentuk microfilm.
3) Menurut
hasil seminar dokumentasi, dokumentasi adalah suatu aktivitas bagi suatu badan
yang melayani badan tadi dengan menyajikan hasil pengolahan bahan-bahan
dokumentasi yang bermanfaat bagi badan yang mengadakan dokumentasi ( Seminar
kementrian pada tanggal 28Februari s/d Maret 1957).
4) Menurut
FID (Federation Internasional Documentation) dokumentasi adalah pekerjaan
pengumpulan, penyusunan, dan penyebarluasan dokumen dari segala macam jenis
lapangan aktivitas manusia.
5) Menurut
NIDER ( Nederlanse Institutvoor Docomentatie Registratur), dokumentasi adalah
member keterangan-keterangan yang didasarkan pada bahan-bahan yang ada
diperpustakaan dan pemberitahuan tentang literature.
Dokumentasi adalah semua kegiatan yang berkaitan
dengan photo, dan penyimpanan
photo. Pengumpulan, pengolahan, dan penyimpanan informasi dalam bidang
pengetahuan.kumpulan bahan atau dokumen yang dapat digunakan sebagai asas bagi
sesuatu kejadian, penghasilan sesuatu terbitan. Arsip kliping surat,
photo-photo dan bahan referensinya yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk
melengkapi berita atau karangan dalam pers. penyimpanan bahan-bahan desktipsi
tertulis dari program komputer. Ruang lingkup kerja yang meliputi pengumpulan,
pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi (Lidiarum, 2010).
Sebagai perusahaan yang sudah mempunyai banyak anak
perusahaan, PT. Central Korporindo Internasional, Tbk. sangat memperhatikan informasi
dalam pendokumenan tiap tahunnya. Hal ini terlihat sebanyak data-data yang
masuk di tiap pergantiannya. Akta dan legalitas yang terdapat pada dokumen pun
selalu menjadi pantauan setiap 5 tahun sekali. Tidak menutup kemungkinan
pengumpulan dokumen-dokumen yang dari tiap tahunnya telah di dokumentasikan
akan mengalami hambatan yang akan mempersulit proses pendataan dan pembaruan file.
Beberapa
perusahaan yang mempunyai lebih banyak pendataan tentunya juga akan melakukan
pemantauan untuk penyimpanan data dalam waktu yang berksinambungan. Hal
tersebut akan lebih mudah merapikan dokumentasi dalam surat-surat yang terkait
dalam perusahaan tersebut. Dengan adanya pendokumentasian akta maka legalitas
pun harus dikaitkan. Legalitas adalah
suatu pengesahan secara hukum terhadap suatu usaha yang telah diatur sesuai
hukum yang berlaku.
Untuk itu, dalam pendataan pendokumentasian
diperlukan kemudahan pemasukan dan pengambilan data lama maupun baru. Baik
tentang akta maupun legalitas dokumen. Sehingga tidak memakan waktu lama dan
mudah dalam proses pencarian.
1.2 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah
proses pendokumentasian pada data entry akta notaris dan legalitas yang
mencakup legalisasi didalamnya, yaitu
mengetahui proses dalam pemasukan data yang user
friendly, yang mudah
dalam pembaruan data dokumen, yang lebih
efisien, hemat
waktu, dan mudah
dalam laporan tahunan.
1.3 Batasan Masalah
Dalam penelitian ini penulis hanya membatasi pada
masalah penginputan data dokumentasi akta-akta notaris serta legalitas yang
sudah diperbarui di dalam pendokumentasian atau filing yang harus up to date tiap jangka waktu tahunnya
pada PT. Central Korporindo Internasional, Tbk di Banjarmasin. Yang apabila
diminta laporannya dapat membuat langsung laporan tersebut tanpa memerlukan
waktu yang lama.
1.4 Rumusan Masalah
Dari
uraian latar belakang masalah di atas, dapat disimpulkan rumusan masalah dari
penelitian ini yaitu :
Bagaimana proses dalam pemasukan data yang user friendly, yang mudah dalam pembaruan data dokumen, yang lebih efisien, hemat waktu, dan mudah dalam laporan tahunan.
1.5 Metodelogi Penelitian
1.5.1 Metode Penelitian Yang Digunakan
Penelitian ini
menggunakan metode
eksperimen, yaitu mendeskripsikan dan membangun suatu situasi atau keadaan terutama yang
berkaitan dengan hal-hal
yang mempengaruhi dokumentasi atau pengarsipan pada PT. Central
Korporindo Internasional, Tbk, Banjarmasin.
1.5.2 Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini metodelogi yang
digunakan melalui wawancara dan survey. Dimana semua data yang diperoleh
penulis terjun langsung ke bagian divisi yang informasinya dapat dilihat
langsung.
1.5.2.a Observasi
Penulis mengamati alur
data yang berjalan kemudian mengumpulkannya sehingga terperoleh hasil observasi
yang terdapat pada PT. Central Korporindo Internasional, Tbk di Banjarmasin.
1.5.2.b Wawancara
Penulis melakukan tanya jawab langsung
kepada pimpinan divisi yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi tentang
sistem yang sedang berjalan pada PT. Central Korporindo Internasional, Tbk.
1.5.2.c Studi Dokumentasi
Menganalisis dokumen-dokumen yang
dipakai pada sistem yang sedang berjalan seperti mengumpulkan format-format
data masuk, data keluar, data
laporan,
serta data
lainnya yang dianggap perlu sebagai dasar untuk merancang yang lebih baik.
1.5.3 Perancangan Penelitian
1.5.3.a Penentuan Masalah
1.
Bagaimana
agar fleksibel dalam pencatatan arsip / dokumentasi
yang masih
kurang efisien dan memakan waktu.
2.
Bagaimana agar aplikasi ini dapat
mencatat data masuk,
keluar
dan perubahan data
dengan akurat.
3.
Bagaimana agar aplikasi ini dapat
memberikan informasi yang
dapat menampilkan isi dari semua dokumentasi tertentu secara lengkap.
1.5.3.b Pendekatan Problem Solving
Membuat aplikasi dokumentasi akta dan legalitas pada PT.
Central Korporindo Internasional, Tbk menggunakan Microsoft dan Database Manajemen Sistem yang dengan Microsoft
Access dan dibangun dengan Visual Basic 6.0.
1.5.3.c Penerapan
Aplikasi ini diterapkan pada perusahaan PT. Central Korporindo Internasional, Tbk. Banjarmasin.
1.5.3.d Hasil Penelitian
a.
Pencatatan data dokumen dapat dilakukan secara
komputerisasi dengan aplikasi akta
dan legalitas.
b.
Aplikasi ini dapat mencatat data masuk, pengeditan, dan pencatatan laporan.
c.
Aplikasi ini dapat memberikan informasi dalam pengarsipan dan pengumpulan data yang
dikumpulkan dalam setiap 5 tahun sekali.
1.5.4 Kerangka Penelitian
Membuat
aplikasi
dokumentasi Akta dan legalitas pada PT. Central Korporindo, Tbk menggunakan
Microsoft Visual Basic 6.0.
|
1.
Pencatatan arsip / dokumentasi masih
kurang efisien dan memakan waktu.
2.
Bagaimana agar aplikasi ini
dapat mencatat data
masuk, keluar dan perubahan data dengan akurat.
3.
Bagaimana agar aplikasi ini
dapat memberikan informasi yang dapat menampilkan isi dari semua dokumentasi tertentu secara
lengkap.
|
Pendekatan Problem Solving
|
Penentuan Masalah
|
Mempermudah
proses pendokumentasian pada data entry akta notaris dan legalitas yang
mencakup legalisasi didalamnya
|
Aplikasi
ini diterapkan pada PT. Central Korporindo, Tbk. Banjarmasin.
|
a. Pencatatan
data dokumen
dapat dilakukan secara komputerisasi dengan aplikasi akta dan legalitas.
b.
Aplikasi ini dapat mencatat data masuk, pengeditan, dan pencatatan laporan.
c.
Aplikasi ini dapat memberikan
informasi dalam
pengarsipan dan pengumpulan data yang dikumpulkan dalam setiap 5 tahun
sekali.
|
Hasil
|
Penerapan
|
Implementasi
|
1.6 Sistematika Penulisan
Penyusunan Tugas
Akhir ini di bagi menjadi lima bab, dan masing-masing bab dibagi menjadi
beberapa subbab. Secara garis besar dapat diuraikan sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan
Pada bab ini berisi tentang latar belakang masalah, tujuan penelitian,
batasan masalah, metodologi
penelitian dan
sistematika penulisan.
Bab II Dasar
Teori
Pada bab ini menguraikan tentang landasan teori dan
masalah yang diambil yaitu
: menjelaskan tentang aplikasi, Microsoft Visual Basic, Entity Relationship Diagram (ERD), Data Flow Diagram (DFD), Diagram Konteks dan Diagram Level Nol, dan Database serta teori-teori yang
menunjang Tugas Akhir.
Bab III Analisis
Berisi tentang pembahasan data atau informasi yang
didapat dari tempat penelitian yakni PT. Central Korporindo Internasional, Tbk.
Bab IV Perancangan
Pada bab ini menyajikan
proses flowmap, diagram
konteks, DFD (Data Flow Diagram), perancangan data, perancangan arsitektural,
perancangan prosedural dan perancangan antarmuka, membuat rancangan input/output.
Bab V Penutup
Berisi tentang pemaparan
kesimpulan-kesimpulan yang
berdasarkan
analisis data dan pembahasan masalah yang telah dilakukan serta saran-saran yang ditujukan kepada
pihak-pihak terkait dalam penulisan Tugas Akhir.